Januari 08, 2015

0

Punya Penghasilan Sendiri, Meski Masih Mahasiswa

Posted in
Doc. Istimewa http://centrum-technology.blogspot.com

Menjadi mahasiswa adalah kebanggan setiap orang, apalagi berkuliah di universitas ternama di luar kota. Merantau merupakan pilihan bagi para mahasiswa yang berkuliah di luar kota. Jarak yang membentang menjadi alasan untuk indekos dan hidup jauh dari orang tua. Hal tersebut berdampak pada keuangan para mahasiswa. Para mahasiswa yang semula bisa tenang dan menggantungkan hidup kepada orang tua harus mulai mandiri dan belajar mengatur segala keperluan.

Bagaimana jika hal tersebut datang pada saat dompet kosong dari uang kiriman orangtua? Kita pasti mengatakan, “Ya, tinggal minta kiriman uang saja.” Bagaimana kalau respon orangtua berbeda dengan harapan kita. “Tunggu sampai tanggal muda nak,” ujar orangtua.

Kita cuma akan berdiam diri di kosan dengan berpuasa. Iitulah sedikit gambaran tentang mahasiswa rantau. Bagaimana jika ada kebutuhan mendesak di waktu yang tidak tepat? Hal ini tak akan terasa sulit jika kita mempunyai uang simpanan.

Sebagai seorang mahasiswa harusnya kita belajar mandiri, apalagi umur kita sudah dewasa. Beranjak dari hal itulah, penulis mencoba memberikan saran agar kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan ala mahasiswa rantau. Simak tipsnya yaah…

1.  Jualan pulsa
Siapa yang ngga butuh pulsa sekarang? Manfaatkan peluang ini sebaik-baiknya. Hanya dengan bermodal telepon genggam dan dana minimal Rp 100 ribu, kita bisa menjadi agen pulsa elektronik. Hal terpenting adalah kita harus menetapkan target siapa saja pembeli pulsa kita. Utamakan orang-orang yang ada di sekitar, seperti teman sekelas/kuliah, teman nongkrong, dan ibu kos. Usahakan kita mempunyai kelebihan dari yang lain dalam menjual pulsa, agar mereka mau membeli pulsa kita. Misalnya pesan pulsa via sms, telepon, BBM, atau pesan hari ini besok baru bayar. Kita juga harus berani menagih teman yang sudah berhari-hari nunggak. Ingat kita sedang berbisnis, jangan jadikan hal tersebut sebagai penghalang kesuksesaan bisnis kita!

2.   Jasa fotokopi
Biasanya awal semester dosen memberikan tugas yang tebal untuk difotokopi. Sekarang saatnya jadi bandar fotokopian. Tawarkan kepada teman-teman tentang jasa kita. Jika ada dosen memberikan diktat untuk difotokopi, segera ambil kesempatan ini. Tugas teman  kita hanya membayar dan tunggu jadinya. Ambillah keuntungan Rp.1.000/diktat. Memang sih kecil, tapi kalau semua teman kelas kita pesan dan satu kelas ada 30 orang, maka kita akan mendapat profit Rp.30.000. Itu untuk satu mata kuliah saja. Saya sangat yakin kalau kita tidak belajar satu mata kuliah dalam satu semester.

3.  Bisnis online
Pasti kita sudah tahu tentang internet. Mana mungkin kita tidak tau tentang internet padahal kita sedang baca artikel ini. Cobalah kita membuat sebuah blog dengan menggunakan blogspot ataupun wordpress. Keduanya gratis, maklum mahasiswa suka yang gratisan. Setelah membuat blog, luangkanlah waktu untuk menulis artikel yang cukup menarik, agar orang tertarik untuk membacanya. Jika artikel kita sudah mencapai 100, cobalah memasang iklan Google Adsense di blog kita. Berkunjunglah ke kaskus online bisnis atau google adsense. Di sana banyak informasi tentang menghasilkan uang lewat blog.

4.   Jual keahlian
Kita tentunya bukan orang tanpa memilki skill apapun. Lihatlah dalam diri kita, skill yang bisa kita jual. Misalnya install laptop, jasa pengetikan, memperbaiki suatu barang, dan lain-lain. Apalagi jika keahlian kita merupakan hobi.  Kita senang mengerjakannya dan mendapatkan uang tambahan dari itu.
Saran penulis, janganlah terlalu banyak bertanya, take action now. Selagi masih muda kita bisa mulai sedini mungkin. Jika kita memulainya pada usia muda, maka jatah kegagalan kita akan berkurang seiring dengan bertambahnya umur. Jadi semakin banyak mencoba dan gagal, maka semakin mendekati puncak kesuksesan. Satu hal lagi, kesuksesan terbaik adalah jika kita dapat sukses di antara pandangan orang lain yang menyatakan kita tidak dapat melewati hal tersebut. (Selli-Bincang Kampus)

0 komentar: