Januari 11, 2015

0

Menjaga Bentuk Tubuh Itu Gak Susah Lho

Posted in
Bagi kita mahasiswa, bentuk tubuh memang menjadi hal terpenting yang selalu kita perhatikan namun secara tidak sadar kita melakukan berbagai hal yang malah membuat kondisi tubuh kita menjadi tidak seimbang yang kemudian menjadikan bentuk tubuh yang tidak sesuai dengan keinginan kita seperti begadang, ngemil pada malam hari, dan telat makan.

Berikut ini ada beberapa tips supaya kita bisa menjaga bentuk tubuh supaya tubuh dan berat badan kita ideal.

1. Hindari Ngemil Pada Malam Hari.
Sumber: vemale.com



      Duh, siapa sih yang tahan dengan enaknya ngemil makanan waktu malam hari apalagi bareng temen-temen atau waktu nonton film di kos? Kegiatan seperti ini perlu kita “stop” karena ngemil di malam hari bisa membuat timbunan lemak yang lama kelamaan menyebabkan badan kita jadi overweight alias kegemukan. Hal lain yang menyebabkan ngemil malam hari bikin gemuk ialah ketidakseimbangan metabolism tubuh. Pada malam hari sebenarnya merupakan waktunya tubuh kita untuk beristirahat setelah seharian beraktifitas. Lemak yang diterima saat kita ngemil tidak dapat diserap dengan sempurna oleh tubuh sehingga yang terjadi adalah menumpuknya lemak yang menjadi titik awal mula terjadinya kegemukan.

        Nah, buat temen-temen yang ingin menurunkan berat badan, ada satu trik supaya kelaparan pada malam hari bisa terpenuhi yaitu dengan meminum air mineral. Dengan meminum air mineral dapat mengurangi rasa lapar sehingga kita tidak perlu susah susah cari cemilan.

3. Makan Teratur.
Sumber: portalkesehatan.com

        “Tugasku banyak, jadi lupa makan. Nanti aja deh porsi makannya ditambah biar gak kelaparan lagi”. Lupakan kalimat seperti di atas, kenapa? Kita sebagai mahasiswa juga punya hak untuk makan. Tugas kuliah tidak bisa menghalangi kita untuk hidup sehat. Kenapa kita harus makan dengan teratur dan tepat waktu? Jawabannya adalah dengan makan secara teratur, kita dapat mengontrol dan mengatur rasa lapar kita sehari-hari. Karena jarang makan dengan teratur, terkadang kita merasakan lapar yang teramat sangat sampai kita harus benar-benar makan meskipun sudah malam.

       Untuk temen-temen yang ingin menurunkan berat badan, jangan berprasangka buruk dulu. Makan teratur juga ternyata bisa berguna untuk menurunkan berat badan yaitu cukup dengan mengurangi jumlah porsi dari biasanya. Begitu pula yang ingin menambah berat badan, makan dengan teratur dengan porsi yang standar bisa membuat tubuh makin berisi. Berbeda dengan makan satu porsi tapi seperti 2 porsi, walaupun banyak tetapi hasil yang diberikan akan berbeda pula, yakni perut membesar tetapi badan masih tetap kurus.

4. Jangan Sampai Terkena Stress.
Sumber: www.hartsteinpsychological.com

         Beban tugas kuliah yang terkadang membuat konsentrasi otak kita terganggu bisa menyebabkan kita menjadi stress. Terkadang kita mencari pelampiasan stress dengan ngemil yang bisa membuat pikiran kita jadi hepi tetapi justru ini bisa membawa dampak buruk buat mereka yang ingin diet. Gara-gara stress dengan kuliah, mereka tidak bisa menuntaskan misi untuk menurunkan berat badan supaya ideal dan yang terjadi adalah diet yang PHP.

3. Olahraga.
Sumber: www.duniafitnes.lododol.com

      Mungkin inilah hal terberat yang dilakukan oleh kita, mahasiswa. Kesibukan dengan kuliah terkadang membuat kita sulit meluangkan waktu untuk berolahraga yang justru bisa menjadikan tubuh kita ideal seperti yang kita inginkan. Sebetulnya olahraga bisa dilakukan apabila kita bisa mensiasatinya, misalnya apabila kita sulit untuk joging pagi, kita bisa lakukan joging sore. Jika kita tidak ingin dilihat orang banyak, kita bisa lakukan itu di gym, toh, sekarang banyak gym yang terletak di kawasan kampus.

       Masih banyak cara kita untuk berolahraga tetapi itu semua tergantung niat kita apakah kita benar-benar ingin memiliki bentuk tubuh yang bagus dapat terwujud atau itu hanya angan-angan kita saja. Jadi, meskipun kita ini adalah mahasiswa yang terbilang sibuk tapi hidup sehat dan memiliki badan yang ideal adalah hak kita dan tidak ada apapun yang sanggup menghalangi kita untuk hidup sehat.

4. Perbanyak Makan Makanan Berserat.
Sumber: pesona.co.id

    Satu lagi tips yang penting untuk memiliki tubuh yang sehat dan ideal adalah dengan memperbanyak makanan berserat. Dengan serat, kesehatan pencernaan akan berjalan dengan lancar sehingga apa yang kita makan akan diserap secara optimal oleh tubuh kita dan kadar lemak jenuh yang ada dalam makanan akan cepat mengalir ke dalam usus untuk selanjutnya dikeluarkan sehingga tidak ada timbunan lemak yang mengendap dalam tubuh kita.

        Kandungan serat yang baik adalah yang terdapat pada sayur, buah-buahan, serta biji-bijian. Jadi, lebih seringlah menambah sayur pada porsi makan kita supaya kebutuhan serat akan tubuh kita dapat terpenuhi. Untuk temen-temen yang ingin diet namun tetap kenyang saat makan, yaitu disarankan makan makanan yang berasal dari biji-bijian seperti roti gandum maupun oat.

       Sekian tips-tips untuk kalian teman-teman bincang kampus, semoga kalian bisa tetap sehat dan tetap semangat supaya kesehatan kalian terjaga dan kalian dapat menjaga tubuh kalian supaya tetap ideal dan menyenangkan kalian.

0 komentar: