Januari 11, 2015

0

Berbahaya Bagi Kesehatan

Posted in
Sebagai mahasiswa, kita sering melakukan hal-hal yang sepertinya biasa-biasa saja dan seakan kita maklumi yang ternyata berbahaya bagi kesehatan jika dilakukan terus menerus. Sayangnya masih banyak teman-teman kita yang tidak waspada akan bahayanya padahal ada beberapa efek yang bisa menyebabkan kematian. Apa saja itu? Mari kita lihat infonya di bawah ini.

1. Mengerjakan Tugas Hingga Begadang.
Sumber: www.dreamersradio.com
          Jika kita perhatikan salah satu lirik dari lagu “Begadang” ciptaan Bang Haji Rhoma Irama yang berbunyi ”kalau terlalu banyak begadang, muka pucat karena darah berkurang”, menandakan kalau begadang itu adalah suatu kegiatan yang buruk bagi kesehatan. Selain itu, ada efek negatif lain dari begadang yaitu bisa mengakibatkan kegemukan atau obesitas apabila dilakukan terus menerus karena biasanya saat kita begadang nafsu makan kita meningkat sehingga kita suka ngemil supaya begadang kita tidak terasa hambar.
        Tidak berhenti sampai disitu, dampak begadang yang berbahaya lainnya adalah resiko terkena penyakit diabetes, stroke, dan serangan jantung, wuiiihhhh sereeemmm. Ada lagi yang perlu diperhatikan bagi kalian cowok-cowok. Sering begadang bisa mengakibatkan barang berharga kalian yang biasa disebut Mr. P mengalami IMPOTEN. Siapa yang ingin terkena impoten? Tentunya tidak ada laki-laki yang ingin terkena gejala ini. Oleh karena itu, kurangi atau hindari kebiasaan begadang kalian apabila tidak ingin terkena penyakit-penyakit seperti di atas.



2. Duduk Terlalu Lama di Depan Komputer.
Sumber: www.lintas.me

        Kita pasti pernah mengerjakan suatu tugas yang mengharuskan kita menatap layar komputer atau laptop. Deadline yang terus memburu membuat kita mau tidak mau harus menatap layar komputer dengan jangka waktu yang lama. Tapi tahukah kalian bahayanya jika kita duduk terlalu lama menatap komputer?

         Dimulai dari bahaya kecilnya yaitu mata yang mengering. Saat kita menggunakan PC, tanpa kita sadari seringkali mata kita mendekat ke layar. Sinar radiasi dari layar komputer bisa merusak mata dan membuat mata mengering sehingga dampak yang kita rasakan adalah mata kita terasa gatal dan berat. Kemudian yang berbahaya lainnya adalah mengakibatkan impotensi. Tidak hanya begadang, duduk terlalu lama menatap layar PC juga bisa menumbuhkan gejala impoten pria. Tidak hanya itu guys, kalau kita terlalu sering memangku laptop, kesehatan sperma kita bakalan terganggu alias bisa mengakibatkan kemandulan, hiiiiiii.

       Selain dari menatap layar PC terlalu lama, duduk saja ternyata berbahaya apabila kelamaan dilakukan. Kalau kita duduk lebih dari 8 jam setiap harinya, kita bisa beresiko terkena wasir/ambeien, diabetes serta penyakit jantung. Selain itu, dampak dari kelamaan duduk adalah memburuknya struktur tulang punggung. Hal itu bisa kita rasakan dari nyeri dan pegalnya punggung. Tapi ada tips supaya punggung kita tidak bermasalah yaitu dengan berolahraga ringan selama 30 menit seperti melakukan peregangan.



3. Makan Mie Instan Campur Nasi.
Sumber: portalbalikpapan.com
        Memang enak ya kalau makan mie instan dicampur dengan nasi. Tidak cuma bikin kenyang, tapi juga mengundang berbagai penyakit, wah waaahhh. Tahukah kalian jika kita makan mie instan dengan nasi ternyata mengandung jumlah kalori yang mencapai 750.000 kalori. Selain itu, kebanyakan makan mie instan dengan nasi juga bisa menyebabkan obesitas jadi untuk kalian yang ingin diet, sebaiknya jangan makan ini. Tapi buat kalian yang ingin memiliki badan yang gemuk juga jangan lakukan ini karena walaupun nanti badan kalian berisi, badan kalian terhitung berisi yang tidak sehat karena mie instan mengandung banyak pengawet yang tidak baik untuk tubuh.

       Mie instan juga mengandung Natrium (Na) yang apabila sering dimakan akan mengakibatkan hipertensi atau darah tinggi serta penyakit maag. Selain itu, meskipun kita merasa kenyang setelah makan mie instan, rasa kenyang kita tidak menjamin kita akan sehat melainkan kita akan merasa cepat lelah.

     Itulah hal-hal biasa namun berbahaya yang biasa kita lakukan. Memang tuntutan kita sebagai mahasiswa sangat banyak, namun kita patut menjaga kesehatan kita dengan gaya hidup sehat supaya kelak pengorbanan kita saat menjadi mahasiswa tidak menjadi bumerang yang malah membuat kita menderita di masa depan. (Briliyandi - Bincang Kampus)

0 komentar: